Breaking News

Harus Ada Progres Setiap Hari



Saya bertemu dengan salah satu senior sekaligus tetangga saya. Beliau adalah salah satu petinggi di salah satu bank daerah. Pertemuan tersebut singkat, tidak sampai setengah jam, walaupun terhitung tetangga tapi kami jarang bertemu dikarenakan kesibukan kami masing-masing.


Harus Ada Progres Setiap Hari


Nah, pada pertemuan dipinggir jalan tersebut, kami saling sapa seperti biasa dan berbicara dari A sampai Z sehingga pada satu titik saya dengan serius menyimak perkataannya. Perkataannya itu sangat membekas pada diri saya.

Dia bilang bahwa “Kita itu harus ada progres setiap hari”. Dalam konteks ini adalah pekerjaan. Pekerjaan apapun yang kita lakukan itu harus ada progres setiap hari. Untuk mengukur progres itu adalah terletak pada diri kita masing-masing.

Dalam pengertian umum, progres berarti adanya peningkatan. Meningkat dari titik awal/dasar. Jika dalam KBBI progres berarti kemajuan. Artinya segala sesuatu yang kita kerjakan itu memiliki peningkatan/kemajuan dari kegiatan yang kita lakukan sebelumnya. Progres bukanlah suatu kemunduran. Begitu kira-kira yang saya pahami.

Progres dari setiap pekerjaan ini menurutnya bukan hanya membuat kita lebih mudah dalam melangkah tetapi juga memiliki dampak yang lebih luas lagi terutama kepada pimpinan. Jika kita adalah seorang karyawan, atau staf dari sebuah organisasi, maka progres akan membuat atasan lebih percaya kepada kita untuk mengemban tanggung jawab suatu tugas.

Dengan progres pula, akan memudahkan pimpinan untuk melakukan evaluasi terhadap apa yang kita lakukan, sehingga ada keseimbangan didalamnya. Pimpinan bisa mengukur dan bisa mengoreksi dengan cepat setiap perkembangan yang terjadi. Sehingga, kualitas dari setiap apa yang kita kerjaan tidak diragukan lagi.

Itu dari sisi kita sebagai bawahan. Lalu bagaimana dari perspektif atasan atau pimpinan dari sebuah organisasi. Tentu, pimpinan akan senang melihat adanya progres setiap hari dan dia akan tetap bersemangat memberikan suntikan motivasi dan arahan yang lebih baik. Kontrol atas pekerjaan jadi lebih mudah dan sistem kerja berjalan dengan baik.

Itulah, pelajaran penting yang saya peroleh pada hari itu. Sehingga saya mengingatnya, dan berupaya terus agar ada progres setiap hari. Mungkin bisa juga dibilang, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Dari yang kecil-kecil kemudian menjadi besar. Lebih baik melakukan bertahap dari pada tidak melakukan apa-apa. 

Untuk itu, mari kita berprogres.. Salam..